Contoh RPP PRAMUKA SIT SMP IT
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP IT FITRAH INSANI
|
Mata Pelajaran
|
:
|
PRAMUKA SIT
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 1
|
Materi Pokok
|
:
|
Upacara Pembukaan dan
Penututpan Latihan Pramuka Penggalang
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 X 40 menit (1 pertemuan)
|
A. KOMPETENSI INTI :
(KI-1) Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya;
(KI-3) Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan
procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata;
(KI-4) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1
|
||
2
|
||
3
|
3.1.1
Memahami Adab Perkenalan [Ta'aruf]
3.1.2
Memahami aturan Upacara Pembukaan
dan Penutupan Latihan
|
1.
Peserta mampu berkenalan sesuai dengan Adabnya dengan
baik
2.
Peserta mampu menPembinatkan susuna tatacara Upacara
latihan penggalang
|
4
|
4.1
Mempraktikkan Perkenalan dan tata
cara Upacara Latihan Penggalang
|
Peserta mampu mendemonstrasikan Upacara Pembukaan dan
penutupan latihan Pramuka Penggalang pada setiap latihan
|
C. MATERI PEMBELAJARAN :
1. Adab Ta’aruf [ berkenalan ]
a.
Tatacara
berkenalan
b.
Mendemonstrasikan berkenalan sesuai dengan aturan
dalam Islam
2. Tatacara aturan
Upacara pembukaan dan penutupan latihan Pramuka Penggalang
3. Mempraktikkan Aturan
Upacara Pembukaan dan Penutupan Latihan Pramuka Penggalang
D. SUMBER BELAJAR
1. Al-Quran dan terjemahannya
2. Buku Modul PRAMUKA SIT Pangkalan SMPIT Fitrah
Insani
3. Buku lain yang relevan
E. MEDIA PEMBELAJARAN
1. Media
a. Ceramah
2. Alat
a. Bendera Merah putih
b.
Bendera Pramuka
c. Teks Pancasila, Tri Satya dan Dasa Darma
F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Realisasi
|
Pendahuluan
|
a.
Pembina membuka pembelajaran dengan
salam bersama dipimpin oleh Pratama dengan penuh khidmat;
b. Memulai
pembelajaran dengan membaca al-Qur’an
c. Pembina
memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d. Pembina memberikan motivasi dan
mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi
pelajaran.
|
10 menit
|
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati simulasi Upacara Pembukaan dan Penutupan
Menanya
·
Dengan dimotivasi oleh Pembina mengajukan pertanyaan tentang tatacara
Upacara pembukaan dan Penutupan Latihan Pramuka Penggalang
Eksperimen/explore
· Secara regu menuliskan urutan tentang tatacara
Upacara pembukaan dan Penutupan Latihan Pramuka Penggalang
Asosiasi
·
Secara Pasukan menyusun jadwal petugas Upacara
pembukaan dan Penutupan Latihan Pramuka Penggalang
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan tatacara Upacara pembukaan dan
Penutupan Latihan Pramuka Penggalang dengan baik dan benar
|
100 menit
|
|
Penutup
|
a. Dibawah bimbingan Pembina, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b. Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
c.
Pembina menjelaskan materi
yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan
menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
d.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan
berdoa
|
10 menit
|
G. PENILAIAN
1. Sikap spiritual
a. Teknik Penilaian : Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi :
No
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Meyakini bahwa berkenalan mempunyai aturan yang
ditetapkan Allah swt., adalah
untuk memuliakan hamba-Nya.
|
Terlampir
|
|
Meyakini bahwa Upacara sebagai implementasi kedisiplinan
|
Terlampir
|
|
Meyakini
bahwa umat Islam wajib mempraktikkan
tatacara berkenalan sesuai dengan adab Islam
|
Terlampir
|
|
Meyakini bahwa Allah swt memuliakan orang
yang saling berkenalan sesuai dengan
adab dalam islam
|
Terlampir
|
Instrumen :
Terlampir
2. Sikap sosial
a. Teknik Penilaian :
Penilaian Antar Teman
b. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
No
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Berkenalan dengan teman yang
menggunakan adab Islam
|
Terlampir
|
|
Suka bekenalan sesuai dengan Adab
dalam Islam
|
Terlampir
|
|
Memanggil teman dengan nama yang
disukainya dan indah
|
Terlampir
|
|
Menyakini urutan tatacara upacara
latihan penggalang implementasi dari kedisiplinan shalat
|
Terlampir
|
Instrumen: Terlampir
4. Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Performance
b. Bentuk Instrumen : Praktik
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
|
Dapat mempraktikkan tatacara
|
Bacalah hadits tentang keutamaan
menuntut ilmu dan anjuran ghadul bashar dengan benar
|
Instrumen: Terlampir
PEROLEHAN SKOR
NILAI = 100 X SKOR TOTAL
Bandar Lampung, 03 Agustus 2015
Mengetahui Pembina Mapel PAI dan Budi Pekerti
Kepala Sekolah
Tri Sakti Wijayana, S.Pd Ramzil
Huda, S.Pd.I
NIK.200703 03 2 004
Saran Kepala Sekolah:
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
Lampiran,
1. Sikap
spiritual
a.
Teknik Penilaian :
Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
No.
|
Sikap/nilai
|
Ya
|
Tidak
|
|
Meyakini bahwa semua aturan yang ditetapkan Allah
adalah untuk memuliakan hamba-Nya.
|
||
|
Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah
perintah Allah swt.
|
||
|
Meyakini
bahwa umat Islam wajib menuntut ilmu dan mengajarkannya
|
||
|
Meyakini bahwa Allah swt memuliakan orang
yang menjaga dirinya dari keutamaan menuntut ilmu dan mengajarkannya
|
2. Sikap
sosial
a.
Teknik Penilaian : Penilaian Antar
Teman
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
No.
|
Sikap/nilai
|
Ya
|
Tidak
|
|
Suka dengan teman yang senang belajar
|
||
|
Mengingatkan teman ketika malas dalam belajar
|
||
|
Membawa alat perlengkapan untuk
belajar disekolah merupakan syarat untuk menuntut ilmu
|
||
|
Tidak menyombongkan diri karena memiliki ilmu pengetahuan lebih dari teman-teman
yang lain
|
||
|
Tidak membeda-bedakan pergaulan
dengan kepandaian
|
3. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes Lisan
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes lisan
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Dapat mengartikan hadits tentang
keutamaan menuntut ilmu
|
hadits tentang keutamaan menuntut
ilmu dengan benar
|
|
Dapat menjelaskan hadits tentang
keutamaan menuntut ilmu
|
Jelaskan hadits tentang keutamaan
menuntut ilmu
|
4. Keterampilan
a.
Teknik Penilaian :
Performance
b.
Bentuk Instrumen :
Praktik
No.
|
Nama Siswa
|
Membaca
|
menghafal
|
Dapat membaca dan hafal hadits
tentang keutamaan menuntut ilmu
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
[
What does making money? - Work/Place
BalasHapusHow does a sports betting app work? · The basic idea is to make money from betting on a game. · The first way งานà¸à¸à¸™à¹„ลน์ to do that is to