Header Ads

Breaking News
recent

Contoh RPP PRAMUKA SIT SMP IT


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMP IT FITRAH INSANI
Mata Pelajaran
:
PRAMUKA SIT
Kelas / Semester
:
VII / 1
Materi Pokok
:
Upacara Pembukaan dan Penututpan Latihan Pramuka Penggalang
Alokasi Waktu
:
1 X 40 menit (1 pertemuan)

A.   KOMPETENSI INTI   :
(KI-1)     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,  percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya;
(KI-3)     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata;
(KI-4)     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
 


B.   KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1


2


3
3.1.1        Memahami Adab Perkenalan [Ta'aruf]
3.1.2        Memahami aturan Upacara Pembukaan dan Penutupan Latihan
1.      Peserta mampu berkenalan sesuai dengan Adabnya dengan baik
2.      Peserta mampu menPembinatkan susuna tatacara Upacara latihan penggalang
4
4.1               Mempraktikkan Perkenalan dan tata cara Upacara Latihan Penggalang
Peserta mampu mendemonstrasikan Upacara Pembukaan dan penutupan latihan Pramuka Penggalang pada setiap latihan

C.   MATERI PEMBELAJARAN :
1.   Adab Ta’aruf [ berkenalan ]
a.   Tatacara berkenalan
b.   Mendemonstrasikan berkenalan sesuai dengan aturan dalam Islam
2.   Tatacara aturan Upacara pembukaan dan penutupan latihan Pramuka Penggalang
3.   Mempraktikkan Aturan Upacara Pembukaan dan Penutupan Latihan Pramuka Penggalang
D.   SUMBER BELAJAR
1.  Al-Quran dan terjemahannya
2.  Buku Modul PRAMUKA SIT Pangkalan SMPIT Fitrah Insani
3.  Buku lain yang relevan

E.   MEDIA PEMBELAJARAN
1.   Media
a.   Ceramah
2.   Alat
   a.   Bendera Merah putih
  b.   Bendera Pramuka
   c.   Teks Pancasila, Tri Satya dan Dasa Darma

F.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
      Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Realisasi
Pendahuluan
 a.    Pembina membuka pembelajaran dengan salam bersama dipimpin oleh Pratama dengan penuh khidmat;
 b.    Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an
 c.    Pembina memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
 d.    Pembina memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.
10 menit

Inti
Mengamati
·      Mencermati simulasi Upacara Pembukaan dan Penutupan

Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh Pembina  mengajukan pertanyaan tentang tatacara Upacara pembukaan dan Penutupan Latihan Pramuka Penggalang

Eksperimen/explore
·       Secara regu menuliskan urutan tentang tatacara Upacara pembukaan dan Penutupan Latihan Pramuka Penggalang

Asosiasi
·      Secara Pasukan menyusun jadwal petugas Upacara pembukaan dan Penutupan Latihan Pramuka Penggalang
Komunikasi
·      Mendemonstrasikan tatacara Upacara pembukaan dan Penutupan Latihan Pramuka Penggalang dengan baik dan benar
100 menit

Penutup
a.    Dibawah bimbingan Pembina, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b.    Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.    Pembina menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
d.    Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa
10 menit


G.   PENILAIAN
1.  Sikap spiritual
      a.   Teknik Penilaian        : Penilaian diri
      b.   Bentuk Instrumen      : Lembar penilaian diri
      c.   Kisi-kisi :
No
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  
Meyakini  bahwa berkenalan mempunyai aturan yang ditetapkan Allah swt., adalah untuk memuliakan hamba-Nya.
Terlampir

  1.  
Meyakini bahwa Upacara sebagai implementasi kedisiplinan
Terlampir

  1.  
Meyakini bahwa umat Islam wajib mempraktikkan tatacara berkenalan sesuai dengan adab Islam
Terlampir

  1.  
Meyakini bahwa Allah swt memuliakan orang yang saling berkenalan sesuai dengan adab dalam islam
Terlampir
Instrumen : Terlampir

2.  Sikap sosial
  a.   Teknik Penilaian                       : Penilaian Antar Teman
  b.   Bentuk Instrumen                     : Lembar Penilaian
   c.   Kisi-kisi:
No
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  
Berkenalan dengan teman yang menggunakan adab Islam
Terlampir

  1.  
Suka bekenalan sesuai dengan Adab dalam Islam
Terlampir

  1.  
Memanggil teman dengan nama yang disukainya dan indah
Terlampir

  1.  
Menyakini urutan tatacara upacara latihan penggalang implementasi dari kedisiplinan shalat
Terlampir
Instrumen: Terlampir
4.       Keterampilan
  a.   Teknik Penilaian           : Performance
  b.   Bentuk Instrumen         : Praktik
   c.   Kisi-kisi:
No.
Keterampilan
Butir Instrumen

  1.  
Dapat mempraktikkan tatacara
Bacalah hadits tentang keutamaan menuntut ilmu dan anjuran ghadul bashar dengan benar
Instrumen: Terlampir
               

                                      PEROLEHAN SKOR
NILAI  = 100 X                 SKOR TOTAL

Bandar Lampung, 03 Agustus 2015
Mengetahui                                                                            Pembina Mapel PAI dan Budi Pekerti
Kepala Sekolah





Tri Sakti Wijayana, S.Pd                                                     Ramzil Huda, S.Pd.I
NIK.200703 03 2  004                                                       


Saran Kepala Sekolah:

.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................






Lampiran,

1.  Sikap spiritual
a.    Teknik Penilaian           : Penilaian diri
                  b.   Bentuk Instrumen         : Lembar penilaian diri
No.
Sikap/nilai
Ya
Tidak

  1.  
Meyakini  bahwa semua aturan yang ditetapkan Allah adalah untuk memuliakan hamba-Nya.



  1.  
Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah swt.



  1.  
Meyakini bahwa umat Islam wajib menuntut ilmu dan mengajarkannya



  1.  
Meyakini bahwa Allah swt memuliakan orang yang menjaga dirinya dari keutamaan menuntut ilmu dan mengajarkannya



2.  Sikap sosial
a.    Teknik Penilaian                       : Penilaian Antar Teman
b.    Bentuk Instrumen                     : Lembar Penilaian
No.
Sikap/nilai
Ya
Tidak

  1.  
Suka dengan teman yang senang belajar



  1.  
Mengingatkan teman ketika malas dalam belajar



  1.  
Membawa alat perlengkapan untuk belajar disekolah merupakan syarat untuk menuntut ilmu



  1.  
Tidak menyombongkan diri karena memiliki ilmu pengetahuan lebih dari teman-teman yang lain



  1.  
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan kepandaian



3.  Pengetahuan
a.  Teknik Penilaian                       :  Tes Lisan
b.  Bentuk Instrumen                     :   Lembar penilaian tes lisan
No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Dapat mengartikan hadits tentang keutamaan menuntut ilmu
hadits tentang keutamaan menuntut ilmu dengan benar

  1.  
Dapat menjelaskan hadits tentang keutamaan menuntut ilmu
Jelaskan hadits tentang keutamaan menuntut ilmu







4.  Keterampilan
a.    Teknik Penilaian           : Performance
b.    Bentuk Instrumen         : Praktik
No.
Nama Siswa
Membaca
menghafal

Dapat membaca dan hafal hadits tentang keutamaan menuntut ilmu

  1.  




  1.  




  1.  




  1.  




  1.  




  1.  




  1.  




  1.  




  1.  




  1.  




  1.  




  1.  




  1.  




  1.  




  1.  




  1.  




  1.  




  1.  



[


1 komentar:

  1. What does making money? - Work/Place
    How does a sports betting app work? · The basic idea is to make money from betting on a game. · The first way งานออนไลน์ to do that is to

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.